May 9, 2017

Menciptakan Generasi Muda Cerdas Melalui Lomba Menulis

Dedi Isdianto

 

Mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter baik melalui pendidikan yang merata dan berkualitas menjadi perhatian dan kepedulian bersama. Yayasan Kemala Bhayangkari yang menaungi istri-istri anggota Polri telah berkiprah lama di dunia pendidikan dengan pendirian sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas.

 

Bekerja sama dengan harian Kompas, Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari mengadakan lomba menulis dengan tema “Polisi Sahabat Kita”. Lomba tersebut diikuti siswa-siswi sekolah menengah atas Kemala Bhayangkari seluruh Indonesia. Sebagai juri,  Redaksi Muda Harian Kompas menetapkan beberapa kriteria untuk memilih tujuh karya terbaik dari 65 peserta.

 

Dalam penjurian, tim Redaksi Muda Harian Kompas memilih naskah-naskah yang bersifat personal (isi cerita dekat dengan penulis, baik melalui pengamatan maupun kisah hidup penulis langsung) dan orisinal (tidak menjiplak/plagiat). Juri melihat dan menilai unsur story (kekuatan bercerita), cara bertutur, akurasi, dan bahasa pada naskah-naskah kiriman 65 peserta. Hingga terpilihlah tujuh naskah terbaik. Karya-karya tulis terbaik tersebut akan dimuat di situs muda.kompas.id.

 

  1. Muhammad Fikri Rizqi Akbar (SMAS Kemala Bhayangkari 1 Kalbar), “Ayahku Pahlawan”
  2. Alinasti Rohilawati (SMK Kemala Bhayangkari Delog), “Polisi Mengayomi Masyarakat”
  3. Alisa Mokoginta (SMK Kemala Bhayangkari Delog), “Polwan Berhati Mulia”
  4. Achmad Yusuf Fadli (SMK Kemala Bhayangkari Delog), “Cita-Cita Kecilku Menjadi Polisi”
  5. Fikrian (Polisi Sahabat Dengan Tugas Mulia), “Polisi Sahabat Dengan Tugas Mulia”
  6. Laelatun Tri Rahayu (SMA Kemala Bhayangkari 1 Ragunan), “Polisi Sahabat Kita”
  7. Febriantah (SMA Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Lampung Utara, Lampung), “Polisi Yang Rela Berkorban”

 

Pemenang lomba menulis diumumkan dalam acara peringatan ulang tahun ke-37 Yayasan Kemala Bhayangkari di Auditorium PTIK, Jakarta, 9 Mei 2017, bersamaan dengan pengumuman sejumlah lomba dan kegiatan yang diadakan. Hadiah diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari Ibu Tri Tito Karnavian kepada perwakilan para pemenang, yaitu ketua Yayasan Kemala Bhayangkari daerah asal pemenang, kepala sekolah asal pemenang, dan perwakilan dari Polri. Acara dihadiri Penasihat Utama Yayasan Kemala Bhayangkari Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Dewan Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari Ibu Tri Tito Karnavian, serta sejumlah pejabat Polri dan pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari.

 

Dedi Isdianto

 

 

 

 

 

 

 

April 28, 2017

Sajian Informasi Terpercaya

Kami menghubungkan setiap titik berdasarkan fakta dan kebenaran untuk menghasilkan informasi yang akurat. Melalui proses verifikasi dan histori data, untuk mendapatkan rekam jejak suatu peristiwa. Baca selengkapnya…

April 19, 2017

Harian “Kompas” Raih Penghargaan Internasional “Best Design in Frontpage”

KUALA LUMPUR, KOMPAS — Harian Kompas meraih penghargaan “Best Design in Frontpage” WAN IFRA Publish Asia 2017 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (19/4). Harian Kompas terbitan 15 Januari 2016 berjudul “Bangkit Bersama Lawan Terorisme” meraih medali perunggu. Medali emas diraih The Straits Times dan perak diraih Bangkok Post. Penghargaan WAN IFRA tersebut diterima Redaktur Pelaksana Harian Kompas Mohammad Bakir.

Harian Kompas edisi 15 Januari 2016 tersebut mengupas teror bom di dekat Sarinah di Jalan Thamrin, Jakarta, lengkap dengan infografik kronologi kejadian. Ini merupakan kali kedua harian Kompas meraih penghargaan serupa.

Baca selengkapnya…

February 28, 2017

Kompas Luncurkan Koran Elektronik Dalam Jaringan

TANGERANG, KOMPAS – Harian Kompas meluncurkan koran elektronik dalam jaringan untuk kawasan kampus Universitas Multimedia Nusantara, Selasa (28/2). Koran elektronik dalam jaringan memungkinkan mahasiswa untuk bisa mengakses konten Harian Kompas secara digital secara gratis tanpa harus mendaftar secara terpisah. Baca selengkapnya…

February 27, 2017

PT Yakult Indonesia Persada mengunjungi Kantor Redaksi Harian Kompas

PT Yakult Indonesia Persada mengunjungi Kantor Redaksi Harian Kompas, Senin (27/2). Hadir Wakil Presiden Direktur Hiroyuki Kawada, Direktur Marketing Komunikasi  dan Komersial Antonius Nababan,  Senior Asisten Manager Marketing Komunikasi dan Komersial Zulkarnain. Kunjungan diterima Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Redaktur Pelaksana Moh Bakir dan jajaran redaksi.