#AkuBaca merupakan sebuah gerakan literasi nusantara yang diinisiasi oleh Kompas Gramedia untuk mendorong tumbuhnya minat baca masyarakat Indonesia. #AkuBaca mengajak setiap diri/individu untuk menyadari pentingnya membaca sebagai fitrah manusia.
Sejalan dengan itu, #AkuBaca turut berkontribusi meningkatkan akses masyarakat terhadap terhadap bahan bacaan, yang antara lain teraplikasi melalui fitur Buku BergerakTroli Pustaka dan Efek Rumah Baca. Segenap upaya tersebut dilakukan secara simultan dan berkelanjutan dengan spirit utama untuk mencerahkan kehidupan masyarakat (enlightening people).

Sejak 2012, Harian Kompas menggelar lokakarya atau kelas penulisan cerpen bagi khalayak, dilatari hasrat untuk lebih membuka diri terhadap para penulis, menjalin komunikasi dengan ribuan penulis yang selama ini telah mengirimkan karya mereka untuk Harian Kompas.

Tahun ini dibuka Kelas Cerpen Kompas 2017, yang merupakan rangkaian acara dari perayaan HUT ke-52 tahun Harian Kompas. Melalui Kelas Cerpen Kompas 2017 para pembicara seperti Joko Pinurbo (penyair), Linda Christanty (penulis), Putu Fajar Arcana (wartawan Harian Kompas dan editor Cerpen Kompas) akan mengupas lebih dalam teknik menulis dan penggalian ide kreatif.

Peserta akan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi mengenai karya mereka dengan pembicara dalam authors speed date di hari pertama. Di hari kedua, para peserta akan mendapatkan materi dari masing-masing narasumber untuk mempertajam karya mereka. Kemudian, karya-karya peserta yang lolos seleksi lanjutan akan diterbitkan menjadi sebuah buku kumpulan cerpen. Dengan begitu penyelenggaraan kelas cerpen ini diharapkan dapat memperkenalkan penulis-penulis baru yang penuh bakat kepada dunia.