Generasi muda memiliki peran yang penting bagi kemajuan dan perubahan bangsa. Generasi muda merupakan cerminan bangsa masa depan. Sebagai pengambil keputusan, generasi muda perlu menyuarakan aspirasi dan pemikirannya.

Kompas menyediakan wadah bagi anak muda di Indonesia. Kompas MuDA merupakan komunitas anak muda pembaca Harian Kompas Kompas MuDA terdiri dari pelajar dan sederajat, yang memiliki aktivitas bersama. Para pelajar yang berkumpul dalam komunitas Kompas Muda biasanya disebut dengan nama ‘MuDAers’.

Kontributor MuDA

Kompas menyediakan wadah bagi kaum muda yang senang dengan dunia jurnalistik. Dengan menjadi kontributor MuDA, MuDAers diajak untuk melakukan peliputan dan penulisan artikel, baik individu atau dalam kelompok. Hasil peliputan bisa berupa tulisa, foto, atau video. MuDAers hanya perlu mengisi formulir dan mengirimkan hasil liputan ke Redaksi Harian Kompas. Artikel terbaik akan dimuat di Rubrik Kompas MuDA yang terbit setiap jumat di Harian Kompas.

Magangers MuDA

Magangers Kompas MuDA merupakan salah satu program dari Harian Kompas yang ditujukan bagi anak muda. Kompas MuDA memberikan kesempatan magang bagi  pelajar SMA/SMK/MA yang tertarik dalam dunia jurnalistik. Dengan menjadi Magangers Kompas MuDA, MuDAers akan mempelajari teknik-teknik jurnalistik, serta praktik kerja lapangan berupa peliputan dan penulisan hasil liputan. Program ini diadakan setiap tahun.

Kompas Corner

Kompas Corner adalah ruang interaktif yang merupakan kerjasama antara Harian Kompas dan Universitas, yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpul untuk mengadakan diskusi, berinteraksidan mencari informasi. Kompas Corner juga dapat menjadi jembatan antara mahasiswa dan Harian Kompas dalam hal pengajuan proposal, partisipasi event dan karya tulis mahasiswa. Saat ini, Kompas Corner sudah berada di Universitas Multimedia Nusantara (Tangerang), Universitas Widya Mandala (Surabaya), dan Universitas Unika Soegijapranata (Semarang).

Volunteer MuDA

Kompas mengajak anak muda untuk terjun langsung dalam sebuah event. Dengan menjadi Volunteer MuDA, MuDAers akan dilibatkan ke dalam sebuah event dan mempelajari cara pengelolaan dan pelaksanaan event. MuDAers juga akan menjadi relawan yang bertugas untuk melakukan peliputan dan penulisan artikel mengenai event tersebut, baik individu atau dalam kelompok. Artikel hasil liputan akan dimuat di laman Kompas MuDA.