Indonesia Kecil

Indonesia kecil menjadi semangat dan cita-cita, batu sendi sekaligus batu penjuru, cermin Indonesia yang serba majemuk dengan moto Bhineka Tunggal Ika. Dalam kelompok Kompas Gramedia terhimpun berbagai macam orang dari berbagai macam latar belakang kultur dan agama. Tak ada perbedaan, semuanya dihormati dan diberi kesempatan untuk mengembangkan diri. Dan semuanya berada di bawah satu payung kebersamaan dalam mengejar cita-cita yang digariskan.

Kebersamaan dalam konsep “Indonesia Mini” itu bisa diwujudkan karena dasar dari konsep itu bukanlah agama atau ideologi golongan, melainkan humanisme atau kemanusiaan di dalam KG sendiri.

Kemanusiaan

Kejujuran, ketulusan, dan keterbukaan itu tak mungkin menjadi suatu etika yang hidup jika tidak menjadi habitus. Untuk menjadikannya habitus, KG tidak hanya melatih karyawannya, tetapi juga mendisiplinkan dan menyediakan sanksi bagi karyawannya yang melanggar etika kejujuran, ketulusan, dan keterbukaan.

Etika yang ditanamkan kepada setiap individu yang berkembang bersama KG tidak hanya menjadi etika internal perusahaan, tetapi juga sebuah sikap politik yang dipegang dan ditunjukkan dengan sungguh-sungguh kepada masyarakat, negara, dan pemerintah.