Anugerah Cerpen Kompas

Anugerah Cerpen Kompas

Dihelat sejak tahun 1992, Anugerah Cerpen Kompas merupakan penghargaan yang mengapresiasi penulis dan literatur Indonesia yang telah mengabadikan nilai-nilai moral dan kebangsaan dalam cerita pendek atau cerpen mereka.
Perjalanan Cerpen Kompas

Sampai saat ini, penghargaan Anugerah Cerpen Kompas telah menganugerahi sebanyak 26 penulis cerpen Nusantara. Beberapa diantaranya adalah nama-nama sastrawan termahsyur Indonesia seperti Ahmad Tohari, Intan Paramadhita, Budi Darma, serta Seno Gumira Ajidarma.

 

Dengan menuangkan ide mereka dalam setiap goresan pena, para penulis cerita pendek ini telah berkontribusi tidak hanya dalam merawat ruang kreasi untuk sastra Indonesia, namun juga menggiatkan minat literasi di masa paceklik baca.

 

Berkaca dari Indonesia yang masih menempati urutan ke-60 dalam minat literasi, para cerpenis berjasa dalam menyediakan suplai bacaan dan memperkenalkan nikmatnya membaca.

Cerpen
 

Sejarah Panjang Cerpen Kompas

Kamu suka cerpen? Dalam rangka merayakan HUT ke-56, Harian Kompas kembali menghadirkan Anugerah Cerpen Kompas yang disiarkan secara LIVE melalui kanal YouTube Harian Kompas pada Senin, 28 Juni 2021, pukul 19.00 WIB.

Tonton videonya

  1. Memberikan apresiasi bagi para cerpenis Indonesia yang telah berjasa dalam membagikan ide dan gagasan mereka dalam bentuk cerita pendek dan memperkaya literatur Indonesia.
  2. Meningkatkan minat baca dan menyokong tingkat literasi serta pendidikan masyarakat Indonesia melalui cerita pendek yang diterbitkan.
  3. Memperkaya khazanah sastra Indonesia yang tidak hanya sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan, namun juga bertumbuh bersama perkembangan zaman.