Oleh
Nindita Fara
Dalam rangka memeriahkan Jakarta Fair Kemayoran 2022, Harian Kompas mengadakan tiga acara yang berfokus pada pelestarian budaya Jakarta. Ketiga acara itu adalah “Kreasi Kuliner Betawi Bersama Chef Sarah Eka”, “Kilas Balik Wisata Jakarta: Wisata Jakarta Bangkit saat Pandemi lewat Pelestarian Budaya”, dan “Kreasi Ondel-Ondel”. Ketiganya  diadakan pada 25 Juni dan 2 Juli 2022 dari pukul 14.00-17.30 di Hall C3 Jakarta Fair Kemayoran.
Kreasi Kuliner Betawi Bersama Chef Sarah Eka

Acara ini diadakan pada 25 Juni 2022 dalam rangka mendukung gelaran Jakarta Fair Kemayoran, selain membuka booth. Lewat acara ini, Harian Kompas ingin mengajak komunitas masak dengan menghadirkan Chef Sarah Eka, peserta Masterchef Indonesia Season 5. Chef Sarah Eka dikenal sebagai chef yang sering mengkreasikan makanan, dilihat dari akun media sosial Instagram dan Tiktoknya.

Di acara ini, Chef Sarah Eka mengkreasikan dua menu makanan yaitu Asinan Betawi dan Kue Sengkulun yang dibentuk menyerupai ondel-ondel. Selama kurang lebih 2 jam, Chef Sarah Eka melakukan demo masak sembari menjelaskan soal sejarah, perkembangan, dan resep kedua makanan tersebut.

Audiens menyimak acara ini dengan antusias. Terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang terlontar di sesi tanya jawab. Di akhir acara, Chef Sarah Eka membagi hasil makanannya kepada audiens yang datang. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

Kilas Balik Wisata Jakarta: Wisata Jakarta Bangkit saat Pandemi lewat Pelestarian Budaya

Acara talkshow ini diadakan pada Juli 2022. Kilas Balik Wisata Jakarta ini membidik komunitas-komunitas pariwisata di Jakarta dan menghadirkan dua pembicara yaitu Founder Komunitas Wisata Kreatif Jakarta Ira Lathief dan Founder Belantara Budaya Indonesia Diah Kusumawardani.

Pada kesempatan ini, kedua pembicara menyampaikan pengalaman masing-masing dalam mempertahankan eksistensi pariwisata Jakarta melalui inovasi-inovasi baru saat pandemi. Tujuannya, generasi muda bisa tertarik. Ini juga menjadi cara untuk mempopulerkan budaya dan tarian Nusantara dengan cara asyik dan baru.

Kreasi Ondel-Ondel

Selain dua talkshow, Harian Kompas juga mengajak keluarga pengunjung Jakarta Fair Kemayoran untuk berkreasi dengan ondel-ondel. Acara ini diadakan pada 25 Juni dan 2 Juli 2022.

Sesuai dengan judul acara, Harian Kompas mengajak orangtua dan anak-anak untuk mengenal salah satu kesenian Betawi. Dengan memanfaatkan shuttlecock bekas, anak-anak diberikan kebebasan untuk berkreasi dan berkarya untuk membuat ondel-ondel sesuai dengan imajinasinya masing-masing.

Acara ini tidak hanya mengasah kreativitas anak, namun juga turut mengajarkan anak-anak untuk menggunakan kembali barang sisa (waste) yang masih bisa digunakan dalam rangka menjaga bumi.

(FAR)