Harian Kompas kembali meraih Adam Malik Awards pada tahun ini untuk Kategori Media Cetak Terbaik. Dengan demikian, Harian Kompas telah tujuh kali berturut-turut meraih penghargaan tahunan ini, kecuali pada 2020. 

Penghargaan ini diterima langsung oleh Pemimpin Redaksi Harian Kompas (Kompas.id) Sutta Dharmasaputra di Jakarta, Rabu (11/1/2023). Penghargaan ini merupakan yang kedua pada awal tahun ini setelah dua hari sebelumnya Harian Kompas juga mendapatkan penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award 2022. 

Adam Malik Awards 2023
Pemimpin Redaksi Harian Kompas (Kompas.id) (Paling Kiri) berfoto bersama penerima Adam Malik Awards 2023 dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Tengah).
Dok. Kementerian Luar Negeri RI

Sutta mengatakan, penghargaan ini jelas memberikan dorongan semangat bagi Harian Kompas, terutama untuk para wartawannya untuk bekerja lebih baik lagi demi masyarakat dan pembaca setia. 

“Dengan kembali mendapat penghargaan Adam Malik Award 2023, yaitu hampir tujuh kali berturut-turut setiap tahun sejak 2016, memberi dorongan semangat redaksi untuk menjadi lebih profesional lagi dalam melakukan kerja-kerja jurnalistik, khususnya peliputan persoalan internasional yang kian dibutuhkan audiens Harian Kompas (kompas.id) di era yang semakin mengglobal dan kompleks ini,” ujarnya. 

Baca juga :

Selain Harian Kompas, grup lain dari Kompas Gramedia juga berhasil meraih penghargaan ini. Kompas TV juga mendapatkan penghargaan untuk kategori Media Televisi Terbaik.

Adam Malik Awards (AMA) adalah penghargaan tahunan dari Kementerian Luar Negeri sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada media yang berperan penting dalam mengedukasi dan menyampaikan informasi mengenai prioritas politik luar negeri Indonesia yang faktual dan berimbang.